Visi Kami. Tidak Sekadar Masalah Perumahan …..

Update info: Selama ini teman-teman mengenal forum ini hanya mengurusi perumahan saja. Sebenarnya visi kami jauh dari itu. Kami ingin memperkuat komunitas RW ini dalam segala bidang.

Kami ingin memberdayakan seluruh sumberdaya manusia yang ada di komunitas ini. Para pensiunan, G2 (Generasi kedua = anak-anak pensiunan) maupun G3 nya. Sejauh ini kami sudah merancang organisasi ini dengan departementalisasi yang mengurusi bidang-bidang kepemudaan, olah raga, seni, kewanitaan, sosial, kerohanian, pendidikan, dan bisnis-kewirausahaan.

Apa saja yang dapat kita lakukan supaya komunitas ini berkembang dan kuat? Oh, banyaaak sekali.

Di departemen kepemudaan, oleh raga, dan seni misalnya. Departemen ini bisa mengembangkan minat-minat para pemuda untuk berprestasi di bidang olah raga. Perumahan kita memiliki lapangan basket, volley, tenis, bulutangkis. Tidak banyak yang tahu, bahkan warga kita ada yang sudah berprestasi olah raga sampai ke luar negeri, yaitu di bidang sepeda. Hmmm apa ya itu istilahnya, sepeda yang seperti atraksi itu.

Kami juga merencanakan gerak jalan santai. Acara ini sudah dua kali terpending. Pertama tanggal 11 Maret, 8 April. Tapi, terakhir, rencananya akan kita laksanakan pada tanggal 22 April ini, sekaligus memperingati Hari Kartini. Rencananya akan ada permainan anak-anak juga lho…..

Kami berharap acara ini bisa berlangsung tiap minggu pertama awal bulan. Selain itu kita bisa juga mengadakan acara donor darah, sepeda santai, dan peringatan hari besar nasional. Hmm… para pemuda harusnya semangat bukan?

Oh ya, jangan lupa. Kita juga mempunyai sanggar seni. Letaknya persis di sebelahlapangan tenis. Minat di bidang seni? Ayo kita ramaikan!

Sepeda santai? Hmm…. Perumahan ini ada beberapa warga yang aktif di komuitas Bike to Work. Sesekali menarik juga kalau kita muter-muter komplek pakai sepeda kan? Anak-anak pasti suka bersepeda kan?

Di Departemen Kewanitaan, bisa saja kita membuat gerakan pemanfaatan limbah untuk kerajinan tangan, pemanfaatan limbah untuk kompos, pemanfaatan pos yandu untuk Manula (menarik ini idenya, mengingat pos yandu identik untuk bayi bukan? Kita melupakan, para manula juga perlu mendapatkan perhatian).

Untuk Departemen kerohanian, yang terpikir selama ini adalah merayakan hari-hari besar keagamaan. Untuk Departemen Pendidikan, kita bisa mengadakan kursus Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Matematika, dan mungkin membuka perpustakaan warga.

Yang tertarik di bidang Bisnis dan Wirausaha, bisa saja kita mengadakan bazar. Apakah itu aksesori, furniture, sembako, furniture. Atau kita bisa melakukan garage sale. Tiap rumah pasti punya barang yang sudah tidak terpakai tapi masih bernilai jual kan? Kenapa tidak kita menjual barang-barang itu? Daripada menumpuk di gudang.

Koperasi merupakan salah satu program yang menarik. Bayangkan kalau setiap bulan iuran wajibnya 10rb saja. Dalam 1 tahun, berapa aset yang bisa kita punya? Simpan pinjam, serba usaha, sembako, agen air isi ulang, agen koran. Name it! Wuiih…. !!!! Ada yang tertantang untuk berpartisipasi? Mengembangkan diri Anda, beramal, berpahala, menguntungkan diri sendiri, menguntungkan orang banyak.

Unit usaha. Tampaknya ada beberapa tempat kosong yang masih belum termanfaatkan. Pernah dengar usaha jamur? Dengan modal relatif kecil, sekali panen sudah BEP. Mengapa kita tidak mencoba membuka pertanian jamur misalnya? Keuntungannya bisa untuk warga sendiri. Pemasarannya juga bisa untuk mengcover kebutuhan di lingkungan kita. Kenapa tidak suatu saat akan berdiri PT RW02? Kalau kita kuat, kita tidak akan mudah digoyah seperti sekarang ini.

Tentu untuk melakukan semua ini tidak bisa dengan sekedipan mata atau setepukan tangan. Banyak tenaga dan utamanya sumbangan pikiran dari rekan-rekan semua. Apakah itu warga yang masih tinggal di sini, maupun yang masih menyisakan kenangan indah masa kecilnya di sini.

So, tunggu apa lagi? Mari berbuat! Yuk…. gabung dengan kita semua.